Sabtu, 03 Desember 2011

Sejarah Manchester United


Awalnya berdiri dengan nama Newton Heath LYR FC pada tahun 1878, kemudian berganti nama menjadi Manchester United pada tahun 1902. Enam tahun kemudian mereka meraih gelar Divisi Satu untuk pertama kali lalu kemudian Piala FA tahun 1909-gelar lainnya juga berhasil diraih tahun 1911.
Matt Busby menjadi pelatih pada tahun 1945 dan berhasil membawa Manchester United memenangkan kejuaraan pada tahun 1952, 1956 dan 1957. MU merupakan klub Inggris pertama yang mengikuti kompetisi Eropa dan mencapai semi final ketika sebelum berangkat menuju Real Madrid. Tragedi Munich yang terjadi pada tahun 1958 saat pesawat British European Airways membawa tim tuan rumah dari sebuah pertandingan kompetisi Eropa jatuh dan menewaskan 44 orang termasuk wartawan dan pendukung serta 8 orang pemain MU-kejadian ini benar-benar membuat MU kehilangan satu generasi terbaiknya.
Matt Busby selamat pada kecelakaan tersebut dan berhasil membangun kembali timnya untuk memenangkan Piala FA tahun 1963, kemudian gelar juara liga pada tahun 1965 dan 1967. MU memenangkan kejuaraan Eropa pada tahun 1968 dengan mengalahkan Benfica pada babak final serta merupakan klub Inggris pertama yang berhasil melakukan hal tersebut. Ketika Matt Busby mengundurkan diri pada tahun 1969, penggantinya gagal untuk melanjutkan kejayaan MU dan bahkan terdegradasi lima tahun kemudian.
The Red Devils kembali menyusun rencana untuk menjadi klub papan atas pada percobaan pertama yang kemudian berhasil memenangkan piala FA tahun 1977. Kesuksesan pada ajang Piala FA berlanjut pada tahun 1983 dan 1985. Akan tetapi kemenangan ulangan yang di raih Manchester United pada tahun 1990 atas Crystal Palace terbukti merupakan batu loncatan bagi MU untuk menjadi tim besar seperti saat ini.
Hal ini merupakan karya emas pelatih Alex Ferguson yang dari kehilangan pekerjaan hingga menjadi pemenang Piala Winners Cup, Piala Champions, treble winner serta kemudian memulai dominasi dalam perburuan gelar Juara Liga Inggris pada tahun 1993 hingga sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money